Beranda » Vihara dewi Kwan Im Belitung Timur

Vihara dewi Kwan Im Belitung Timur

DESTINASI WISATA VIHARA DEWI KWAN IM

Vihara Dewi Kwan Im yang juga disebut dengan Vihara Buddhayana Dewi Kwan Im merupakan situs bersejarah dan kuno. Hal ini dikarenakan vihara ini sudah ada dan ditemukan sejak tahun 1747. Saat itu seorang nelayan yang sedang berlabuh di Pantai Burung Mandi menemukan patung Buddha Bodhisttwa.

Menurut kisah lainnya diceritakan bahwa Dewi Kwan Im pernah datang dan bersembahyang di atas batu pada ruang Kon Im. Sebelum menjadi obyek wisata, vihara ini adalah tempat peribadatan Umat Buddha. Namun seiring perkembangan dan banyaknya pengunjung yang tertarik datang, maka vihara ini pun ditetapkan juga sebagai obyek wisata sejarah.

Karena berada di perbukitan maka untuk masuk vihara, wisatawan diharuskan mendaki anak tangga yang berjumlah 86 buah. Tempat sembahyang di Vihara Dewi Kwan Im ini jumlahnya ada tiga yakni Shimunyo, Sitiyamuni dan Kon Im yang berada di puncak vihara.

 

Vihara dewi Kwan Im

Dengan status sebagai vihara terbesar, tak berlebihan bila kemudian Vihara Dewi Kwan Im selalu ramai dikunjungi umat Buddha yang ingin beribadah. Apalagi saat hari besar agama Buddha seperti Hari Raya Waisak dan Imlek, maka tempat ini akan sangat dipenuhi banyak orang.

Pengunjung yang datang ke sini sendiri tidak hanya berasal dari dalam negeri tapi juga beberapa diantaranya adalah wisatawan asing. Beberapa wisatawan sendiri mengaku tertarik datang ke sini karena adanya mitos terkabulnya doa saat memohon keinginan. Selain menikmati wisata religi, di atas bukit vihara Anda juga bisa mendapati panorama indah Pantai Burung Mandi yang berada tepat di belakang vihara. Tidak hanya itu, jika tepat momennya, Anda juga bisa menjumpai kawanan monyet yang turun mencari makan dari atas bukit.

Keistimewaan Vihara Kwan Im

  • Vihara Tertua dan Terbesar di Pulau Belitung
  • Udara disekelilingnya sejuk karena lokasinya yang berada di atas bukit
  • Punya pemandangan indah dari atas vihara
  • Dikenal tidak hanya oleh wisatawan lokal tapi juga oleh wisatawan mancanegara
Karena vihara ini masih digunakan untuk tempat beribadah maka Anda saat berada di area vihara diharuskan untuk menjaga sikap dan tingkah laku. Jaga perilaku Anda, jangan membuat keonaran atau keributan serta berkata-kata kotor.

#Vihara #dewi #kwanim

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Tambahkan Ulasan Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.