Beranda » Pulau Kelayang

Pulau Kelayang

Destinasi Wisata Pulau Kelayang

Pulau Kelayang Belitung terletak di sebelah Barat Laut Pantai Tanjung Kelayang. Jaraknya sangat dekat, bahkan terlihat dari Pantai Tanjung Kelayang dan bisa disebut Serambi Pantai Tanjung Kelayang.

Pulau kecil ini berada persis di sebelah Batu Garuda, bahkan gugusan Batu Garuda dikatakan sebagai bagian dari Pulau Kelayang.

Setengah bagian pesisir pulau ini terdiri dari hamparan pasir, gugusan batu granit raksasa, serta pepohonan kelapa dan jenis pohon lainnya seperti ketapang dan mangrove.

Meski kecil, namun panorama yang dimiliki Pulau Kelayang mampu menghipnotis wisatawan yang berkunjung. Bukan tanpa sebab, ternyata ada banyak keunikan yang dimiliki Pulau Kelayang.

 

pulau kelayang belitung

 

Mengapa Disebut Pulau Kelayang?

Pulau kecil ini sebetulnya tidak memiliki nama jelas. Ada yang menyebutnya Pulau Kelayang, ada pula dengan sebutan Pulau Batu Garuda. Di pihak lain mengatakan namanya Pulau Batu Kelayang, dan juga Pulau Batu Gerude. Ada banyak.

Penamaan Pulau Kelayang sepertinya memiliki persamaan dengan Pantai Tanjung Kelayang. Bagi masyarakat Belitung, kelayang merupakan burung walet. Ada kemungkinan di daerah ini banyak terdapat burung kelayang.

Terlepas dari banyaknya versi nama-nama tersebut, tentu saja tidak mengurangi keindahan dan keunikan yang ada di Pulau Kelayang.

Fasilitas di Pulau Kelayang

Bisa dikatakan tak ada fasilitas di pulau ini. Kalau pun ada hanyalah toilet sederhana. Kemudian ada pula warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

Kemudian di sisi -sisi warung terdapat beberapa tempat duduk yang dibuat seadanya sebagai tempat bersantai bagi pengunjung.

Ada Apa di Balik Telaga Bidadari?

Meski Pulau Kelayang tidak luas, namun trekking menuju bagian dalam pulau ini menjadi hal menarik untuk dilakukan pengunjung. Konon, di dalamnya terdapat telaga bidadari?

Memasuki bagian dalam pulau ini akan melalui jalan sempit dan sedikit menanjak. Tak berapa jauh, ternyata di sisi barat pulau ini terdapat beberapa batu granit raksasa yang memanjang secara vertikal, serta ada pula yang horizontal.

Kemudian di tengah-tengah gugusan granit vertikal ini terdapat sebentuk telaga di bawahnya. Telaga ini sebetulnya rembesan air asin yang masuk melalui celah-celah batu.

Konon, adanya air dalam wadah berbentuk telaga tersebut kemudian masyarakat lokal menyebutnya telaga bidadari. Dan, wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kelayang ini selalu tak sanggup menahan diri untuk mandi di telaga tersebut.

Tukong Kelayang

Ada dua pulau kecil di sekitar Pulau Kelayang. Dua pulau itu adalah Batu Berlayar dan Tukong Kelayang. Oleh masyarakat lokal Belitong, tukong berarti anak, atau sebut sajak Tukong Kelayang yang berarti anak Pulau Kelayang. Karena itulah pulau kecil di sebelah Pulau Kelayang ini disebut Pulau Tukong Kelayang.

Berbeda halnya dengan nama Batu Garuda. Karena pulau di mana terdapat batu yang menyerupai kepala Burung Garuda tersebut memiliki penamaan tersendiri, maka tak disebut Tukong Kelayang.

Keunikan Pulau Kelayang Belitung

  • Formasi granit berusia ratusan juta tahun.

  • Panorama Batu Garuda.

  • Terdapat formasi unik berupa goa yang terletak di bagian barat pulau.

  • Terdapat Telaga Bidadari

Apa yang Dilakukan di Pulau Kelayang

  • Hunting foto menjadi hal paling menarik di Pulau Kelayang

  • Bermain atau mandi di pantai

  • Rilis tukik (Anak Penyu) dari Pulau Kelayang

  • Trekking Pulau Kelayang

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Tambahkan Ulasan Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.