Bukit Paramun

Bukit Paramun Belitung

Berkunjung ke wisata alam Bukit Peramun, membuat penasaran. Perjalanan yang dilalui pun cukup menantang, Wisata alam bukit peramun, berada di Desa Air Selumar‎,Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, jarak temu dari pusat kota sekitar 20 kilometer, dan memakan waktu 29 menit, baik menggunakan motor ataupun mobil.

Setelah sampai kawasan wisata alam bukit peramun‎, kita akan disugukan dengan pemandangan hutan lindung dan batu granit yang besar di kawasan itu.
Menurut Rahmat pemandu wisata alam bukit peramun, luas kawasan wisata itu sekitar‎ 115 Hektar Hutan Kemasyarakatan, 16 Hektar taman ke hati.

“Kalau dari loket untuk sampai di puncaknya, kurang lebih memakan waktu 20 menit dan menempuh jarak sekitar 515 meter, ketinggian bukit ini 129 mdpl,” ucap Rahmat.‎

Untuk perjalanan kepuncak, Anda akan melewati hutan lindung dan bukit yang menanjak, namun perjalanan anda tidak membosankan karena disugukan dengan pemasangan batuan granit yang tinggi dan berbagai eduksi tentang nama-nama pohon endemik indonesia.

Diperjalanan menuju ke puncak bukit peramun, terdapat fasilitas umum kita jumpai, seperti WC, tempat istirahat, serta tempat sampah yang sudah disediakan.

Sesampai di titik pertama kurang lebih menempuh jarak 200 meter dari loket, disana kita bisa di sugukan dengan pemandangan yang hutan yang masih alami dan batu granit, sehingga bagus untuk view foto.

Untuk menuju ke titik ‎kedua jarak yang di tempu 180 meter, akan disugukan dengan banyak pohon endemi indonesia, satu diantaranya pohon bulin, dan batu gerani yang besar, di titik yang ke dua ini kita akan disugukan dengan view yang unik, yakni sport mobil terbang.

“Sport mobil terbang ini bukan alami, namun ini ide-ide dari rekan community, agar menyajikan hal unik,” kata pemandu wisata Rahmat.

Mobil tersebut dibuat seakan terbang sesuai dengan namanya, setelah puas dengan lokasi itu barulah menuju titik ketiga yaitu, titik puncak bukit peramun.

Untuk sampai di titik ketiga, harus melewatkan rute dibawah batu granit yang tinggi dan besar, jarak yang ditempu di sekitar 135 meter, sampai di puncak akan disuguhkan dengan fasilitas foto, ‎tempat istirahat dan rambu-rambu larangan, yang harus di patuhi.

Seperti hati-hati bila membawah anak-anak, dan jangan duduk di pagar. Di puncak bukit peramun kita bisa melihat langsung Desa Air Selumar,Hutan Kemasyarakatan, dan ‎bisa juga melihat pulau lengkuas secara jelas.

Menurut salah satu pengunjung bukit peramun, Imam warga Jambi, mengatakan, view yang di tawarkan bukit peramun sangat bagus, dengan hutannya yang masih alami, dan pemandangan yang indah.

 

Dibaca : 158 x

Facebook | Twitter | WhatsApp | Cetak

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Reviews
  • Instagram
  • Whatsapp