Beranda » Tempat Wisata Belitung » 10 Destinasi Wisata Bukan Pantai di Belitung, Pemandangannya Bikin Kamu Takjub
()

Destinasi wisata Belitung bukan hanya soal pantai, banyak destinasi-destinasi lain yang bisa kamu kunjungi selama berada di Negeri Laskar Pelangi ini.

Sebagai destinasi baru, bahkan pemerintah mencanangkannya sebagai Bali Kedua, kabupaten yang berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini menyimpan potensi keindahan alam.

Selama ini Belitung terkenal karena keindahan pantainya yang memiliki karakteristik unik. Selain hamparan pasir putih nan lembut dan batu granit raksasa yang tersusun alami, air laut juga sangat jernih.

Namun, beberapa lokasi selain pantai juga layak Anda kunjungi selama di Belitung. Mulai dari perbukitan, air terjun hingga museum. Jangat sampai terlewatkan kalau Anda berkunjung ke Belitung.

Berikut 10 Destinasi Wisata Belitung bukan pantai:

1. Danau Kaolin

Destinasi Wisata Bukan Pantai di Belitung

Danau Kaolin Belitung

Danau Kaolin juga merupakan lokasi penambangan. Meskipun saat ini di danau tersebut tak ada aktivitas penambangan, namun lokasi ini merupakan lokasi aktif penambangan.

Waktu tempuh ke lokasi ini sangat dekat dari pusat Kota Tanjungpandan. Berada di Desa Aik Rayak, Tanjungpandan, hanya butuh waktu beberapa menit untuk sampai. Wisatawan biasanya mampir ke lokasi ini setibanya di Bandara H AS Hanandjoeddin.

Beda dengan danau biasa, Danau Kaolin yang lebih dikenal Danau Biru ini berwarna biru menyala yang kontras dengan daratan putih di sekitar. Bahkan sebelum terbentuk, awalnya hanya cekungan-cekungan berisi air dengan berbeda-beda warna.

Warna-warna tersebut membentuk gradasi warna yang sangat indah. Saat matahari terik dan mendekati senja, danau ini terlihat sangat indah. Rugi banget kalau sampai tak mengabadikan momen di lokasi ini.

2. Open Pit

<yoastmark class=

Open Pit merupakan bekas lokasi pertambangan terbuka di Gunung Kik Karak, Kelapa Kampit, Belitung Timur. Bukit ini menyimpan cadangan timah yang sangat banyak sehingga menarik perusahaan luar negeri untuk menambang.

Awalnya yang melakukan penambangan Australia BHP Billiton (Billiton adalah nama internasional Belitung) yang beroperasi pada 1971-1985. Perusahaan Jerman bernama Preussag GmbH of Hannover meneruskannya hingga 1989.

Aktivitas penambangan timah tersebut membentuk seperti kawah gunung berapi. Kawah tersebut layaknya danau di atas bukit. Selain itu, banyak terowongan berada di dalam bukit tersebut.

Open pit juga menjadi saksi bisu kejayaan timah di Belitung. Bagi kamu yang suka hiking, lokasi ini layak menjadi tempat kunjungan selanjutnya. Kamu bisa menyusuri terowongan gelap dan berair yang berujung di danau tersebut.

3. Air Terjun Gurok Beraye

<yoastmark class=

Air Terjun Gurok Beraye yang berada di Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau menyajikan keindahan air terjun di pedalaman Belitung. Pemandangan yang asri dan menenangkan cocok banget untuk kamu relaksasi.

Air terjun yang tidak terlalu tinggi ini juga memiliki kolam air yang jernih. Sensasi dingin yang menyegarkan akan kamu rasakan saat berendam. Keasrian tempat ini juga menyajikan ketenangan dari hiruk pikuk perkotaan.

4. SD Laskar Pelangi

Kamu yang mengenal atau pernah nonton Film Laskar Pelangi pasti tahu dengan tempat ini. SD Laskar Pelangi merupakan replika SD Muhammadiyah Gantong. Berada di Kecamatan Gantung, kamu membutuhkan waktu hampir 2 jam untuk ke lokasi ini.

Meskipun perjalanan cukup panjang, namun kamu bisa mengabadikan momen menarik kunjunganmu ke sini. Saat berada di sekitar lokasi, kamu pasti akan merasakan nostalgia dan terbayang adegan film yang diangkat dari novel karangan Andrea Hirata.

5. Bukit Pangkuan

Bukit Pangkuan berada di Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur. Destinasi ini menyajikan keindahan alam yang memesona. Kamu juga bisa memetik buah dengan background keindahan alam perbukitan.

Lokasi ini sangat cocok untuk liburan atau kegiatan kantor seperti outbond. Berbagai fasilitas permainan juga tersedia di lokasi ini. Udara segar yang menyehatkan akan menemani kamu yang beraktivitas di sini.

6. Bukit Peramun

<yoastmark class=

Bukit Peramun berada di Desa Selumar, Kecamatan Sijuk, Belitung. Lokasi ini menyajikan wisata digital pertama di Belitung. Mengandalkan area perbukitan nan asri, kamu bisa menemukan banyak spot foto menarik.

Selain itu, bukit ini merupakan wahana yang sangat bagus untuk belajar mengenal flora dan fauna asli Belitung dan beberapa daerah lain. Kamu juga bisa melihat hamparan hijau dan garis pantai saat berada di puncak bukit.

Pengelola Bukit Peramun juga menyediakan berbagai fasilitas untuk memudahkan para pengunjung. Area parkir luas dan sarana toilet yang bersih akan membuatmu nyaman saat berada di destinasi wisata ini.

Kamu juga dapat menemukan satwa unik Tarsius (Cephalus Bancanus Saltator). Masyarakat setempat mengenalnya dengan nama Pelile’an. Kamu hanya bisa menemui satwa ini di beberapa daerah di Indonesia, termasuk Belitung.

Bagi kamu yang gemar hiking, destinasi ini wajib kamu kunjungi saat berada di Belitung. Dengan rute jalan menuju puncak bukit yang cukup menantang, kelelahan saat berjalan akan terbayar sesampainya di puncak.

7. Museum Kata Andrea Hirata

Sesuai dengan namanya, Museum Kata Andrea Hirata adalah destinasi wisata yang didirikan oleh Andrea Hirata, pengarang novel Laskar Pelangi. Di sini kamu bisa melihat koleksi Film Laskar Pelangi dan karya Andrea Hirata lainnya.

Selain itu kamu dapat menikmati musik dari para seniman Belitung dan berbagai merchandise menarik. Berdiri sejak 2010, destinasi juga bisa menjadi tempat yang menginspirasi.

Kamu juga bisa menikmati ngopi santai di bagian belakang bangunan museum ini. Tak seperti ngopi di warkop, ngopi di sini serasa ngopi di dapur rumah zaman dulu. Unik bukan ngopi sambil melihat tungku yang sedang memanaskan air.

8. Air Terjun Gunung Kubing

<yoastmark class=

Air terjun Gunung Kubing menyimpan keindahan panorama tersembunyi di Gunung Kubing, Desa Perpat, Membalong, Belitung. Lokasi ini masih asri dan jarang terjamah manusia.

Sehingga suasana di lokasi ini masih sangat alami. Lokasi ini juga menyajikan keindahan air terjun dengan air jernih dan kolam untuk berendam di bawah aliran air yang menyegarkan.

Akses ke lokasi ini cukup sulit, kamu harus berjalan setidaknya 15 menit setelah turun dari kendaraan roda empat. Tapi kelelahan berjalan akan terbayar saat melihat air terjun dan pemandangan sekitarnya.

Lokasi ini sangat cocok bagi kamu yang gemar wisata alam. Tapi ingat ya, hindari ke lokasi ini saat musim kemarau panjang, jangan sampai saat kamu sampai tak menemukan air terjun.

9. Batu Baginda

<yoastmark class=

Batu Baginda menawarkan pemandangan spektakuler dari ketinggian. Lokasinya berada di Desa Padang Kandis, Membalong, Belitung. Kamu bisa melihat keindahan Belitung dari atas Batu Baginde.

Lingkungan yang masih asri memberikan sensasi kesegaran udara yang kamu hirup. Perjalanan menuju puncak batu ini cukup menantang, kamu harus melewati jalan setapak dan menggunakan tali untuk naik ke atas batu besar tersebut.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah di pagi dan sore hari. Jadi kamu bisa menyaksikan matahari terbit dan tenggelam yang memukau dari atas ketinggian.

10. Batu Mentas

<yoastmark class=

Batu Mentas merupakan destinasi wisata di Belitung yang berada di kawasan Hutan Lindung (HL). Lokasi ini menyajikan udara sejuk dan menyegarkan khas kawasan hutan.

Seperti di Bukit Peramun, kamu bisa menyaksikan dari dekat Tarsius. Kawasan ini juga menjadi konservasi rusa, sehingga kamu bisa memiliki kesempatan untuk melihat satwa lain.

Di lokasi ini juga aliran air jernih yang sejuk, kamu bisa merendam tubuh atau kaki di aliran air tersebut. Selain itu, kamu juga bisa merasakan sensasi ikan-ikan kecil menggigit untuk membersihkan kulitmu yang sudah mati.

Ngomong soal Destinasi wisata di Belitung bukan hanya keindahan pantai dan pulau-pulau kecil. Namun Belitung juga menyimpan potensi keindahan alam lainnya yang patut kamu kunjungi. Tertarik untuk berkunjung?


So, bagi anda yang ingin mengeksplore Pulau Belitung atau Belitung Tour, anda bisa menggunakan jasa kami dan temukan juga pilihan paket wisata di bawah ini:

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Tambahkan Ulasan Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

bangka news

meja berita